Memiliki ruangan yang tidak terlalu luas memang dapat memberikan suatu tantangan tersendiri dalam proses penataannya agar tetap tercipta keserasian, keindahan dan kenyamanan. Untuk itu perlu beberapa tips sederhana dalam menata ruang tamu yang berukuran kecil. Dalam menata ruang tamu yang mungil, kita harus lebih jeli dalam memilih ukuran perabotan yang nantinya akan kita tempatkan didalamnya, hal ini bertujuan untuk memudahkan penataan dan tidak membuat ruang tamu menjadi semakin sempit. Tempatkanlah kursi tamu pada area yang tidak akan menghalangi keluar masuk, jarak antara meja dan kursi juga harus diperhitungkan agar tidak membuat kesulitan ketika berjalan.

Ruangan yang sempit memang identik dengan suasana yang pengap dan tingkat kelembaban tinggi, oleh karenanya efek sinar matahari diperlukan yaitu dengan menempatkan jendela kaca di salah satu sudut ruang tamu. Jendela kaca juga dapat memberikan kesan yang lebih luas dan lega pada sebuah ruangan.

Penempatan aksesori juga diperlukan untuk menambah keindahan ruang tamu, hanya saja karena ruangannya tidak terlalu lebar maka pemilihan aksesori yang tepat dan tidak berlebihan sangat penting untuk dipertimbangkan, agar menghindari kesan yang terlalu ramai dan tidak rapi.

Faktor pencahayaan dari lampu juga bisa memainkan perannya dalam tata cara dekorasi ruangan, untuk ruangan yang sempit sebaiknya menggunakan cahaya lampu yang tidak terlalu terang, yaitu dengan memilih lampu yang menyinarkan cahaya kuning atau keemasan. Model dari lampu ruang tamu itu sendiri juga bisa dimanfaatkan untuk semakin menambah keindahan ruangan.

Memilih lampu yang ditempelkan pada salah satu dinding ruangan selain dapat menyinari ruang tamu juga dapat dijadikan aksesori ruangan yang cukup menarik. Selain itu sentuhan artistik dari lampu hias untuk ruang tamu ini juga tidak sama seperti lampu hias pada umumnya yang hanya didominasi oleh warna putih atau kuning saja, melainkan juga jenis lampu yang bisa mengeluarkan cahaya berwarna-warni.

Dalam ruangan yang sempit kiranya tidak tepat jika terlalu banyak menempatkan furniture, yang terpenting adalah penempatan tempat duduk dan meja. Tempat duduk itu sendiri tidak harus menggunakan kursi, tetapi juga bisa dibuat dengan tema lesehan menggunakan karpet sebagai alasnya, alternatif ini cukup efektif untuk menyiasati ruang tamu yang sempit. Pemanfaatan area dinding juga perlu di maksimalkan yaitu dengan meletakkan lukisan, foto keluarga ataupun juga pemasangan wallpaper yang sesuai dengan tema dan nuansa ruangan yang ingin anda ciptakan.

Kursi-Tamu-Kecil-Exo-21-Meja

 

Bandung-Sofa-L-Kursi-Sudut-Jati-Minimalis

 

Kursi-Minimalis-Jati-Jepara-Kotak-Modern